Friday, June 18, 2010

RAL Akan Datangkan Boeing 737-500 untuk Layani Rute Medan-Jakarta

Medio Juli 2010 nanti, PT Riau Airlines (RAL) akan membuka rute baru Medan-Jakarta via Pekanbaru. Untuk itu, maskapai penerbangan milik Pemprov Riau ini akan segera mendatangkan sebuah pesawat Boeing 737-500 untuk melayani rute terbarunya.



“Pertengahan Juli nanti kita akan datangkan satu pesawat Boeing 737-500 untuk melayani rute baru, Medan-Jakarta via Pekanbaru,” ujar Direktur Utama RAL Teguh Triyanto, kepada riaubisnis.com usai acara Travel Agent Gathering RAL, Selasa malam (15/6/2010), di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Teguh mengatakan, dibukanya rute Medan-Jakarta merupakan bentuk peningkatan layanan serta ekspansi RAL. “Kami fokus untuk melakukan ekspansi usaha dengan membuka rute baru yang menjanjikan dan meningkatkan layanan kepada para konsumen,” sebutnya.

Tapi ekspansi usaha yang dilakukan RAL bukan tanpa kendala. Pasalnya, tahun ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI mewajibkan tiap maskapai penerbangan berpenumpang harus mengoperasikan minimal 10 unit pesawat. Dengan catatan 5 unit pesawat merupakan hak milik dan sisanya boleh sewa. Peraturan itu akan berlaku mulai akhir 2010.

PT Riau Airlines (RAL) sebagai salah satu maskapai penerbangan daerah milik Pemprov Riau pun tak luput dari peraturan tersebut. “Ya, mau tak mau kita harus ikut peraturan tersebut dan harus tambah pesawat kalau tak mau dimerger dan ditutup,” ujarnya.

Saat ini, kata Teguh, maskapainya baru mengoperasikan 5 pesawat jenis Fokker. Tiga diantaranya berstatus hak milik sedangkan sisanya masih berstatus sewa. Meski begitu, Teguh optimis, RAL mampu memenuhi persyaratan Dirjen Perhubungan Udara tersebut.

“Kita akan upayakan untuk mencukupi persyaratan 10 pesawat. Pemegang saham sudah setuju untuk menambah pesawat baru lewat komitmen menambah penyertaan modal sekitar Rp 54,5 miliar. Tapi, memang itu belum cukup. Makanya, kita sedang mencari jalan keluar agar segera bisa mengoperasikan 10 pesawat. Ya, bisa dengan sistem sewa beli maupun kerjas ama dengan perusahaan leasing pesawat,” tambah Teguh.

Pada acara malam itu, juga diberikan penghargaan kepada 10 agen perjalanan terbaik dalam hal penjualan tiket RAL. Agen perjalanan tersebut yakni PT Mega Sanel Lestari, PT Grand Hawai, PT Elitt International, PT Nova Taruna Wisata, PT Inti Angkasa Dewa, PT Gabe Amar Bertuah, PT Laskar Elang Perkasa, PT TX Sudirman Pekanbaru, PT Prima Riau Holiday dan PT TX Setia Maharaja Pekanbaru.

Dari informasi perusahaan tersebut diketahui, RAL telah menerbangi 15 kota tujuan di Indonesia dan satu kota di Malaysia dengan 14 rute penerbangan, yakni Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Tanjung Pinang, Pekanbaru-Malaka dan Pekanbaru-Jambi. Kemudian Batam-Natuna, Batam-Dabo Singkep, Tanjung Pinang-Matak, Tangjung Pinang-Jakarta, Tanjung Pinang-Natuna, Jakarta-Pangkalan Bun, Pangkalan Bun-Semarang, Medan-Gunung dan Pekanbaru-Dumai.

Maskapai yang 51 persen sahamnya dikuasai Pemrov Riau itu juga melayani penerbangan sewa dengan rute pendek pada 10 kota tujuan di Indonesia bagian timur . yaitu Mataram, Kupang, Labuan Bajo, Ende, Alor, Maumere, Bajawa, Ruteng, Manggarai Barat dan Denpasar. (*)riaubisnis.com

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kris Hadiawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger