Saturday, March 20, 2010

Rumbai Sport Center (Kompleks Olahraga Rumbai di Pekanbaru)

Salam ta'zim,

sobat muda-mudi dimanapun berada, mendengar Rumbai Sport Center bagi sobat semua khususnya di luar provinsi Riau mungkin terasa masih asing atau sebagian tidak pernah mendengar khususnya bagi sobat yang pernah berkunjung ke Pekanbaru dalam rangka mengikuti pertandingan olah raga. Sebut saja pertandingan liga basket Honda DBL. Ya, salah satu venue nya di pertandingkan di GOR Hall Basket Rumbai Sport Center.


Nah, buat ngobatin rasa penasan sobat semua tentang bagaimana dan dimanakah kompleks olahraga Rumbai terpadu nih, mari kita simak ulasan saya berikut ini

Kompleks Olahraga Terpadu Kota Pekanbaru


Rumbai Sport Center atau kompleks olahraga Rumbai terpadu berada di kecamatan Rumbai kota Pekanbaru. Lokasi nya kurang lebih berjarak 1 km dari pusat kota Pekanbaru. Pada mulanya lahan sport center belum banyak berdiri fasilitas olah raga.

Sekitar tahun 90an lokasi masih berupa lahan kosong dengan berdiri sebuah stadion sepak bola yang bernama Stadion Kaharudin Nasution atau oleh masyarakat Pekanabaru lebih dikenal dengan stadion Rumbai. Stadion Rumbai sebagai base nya klub Persatuan Sepak Bola Pekanbaru sekitarnya atau lebih dikenal dengan PSPS Pekanbaru. Sebelumnya Stadion sepak bola kota Pekanbaru berada di jantung kota yang bernama Stadion Hang Tuah, namun dikarenakan kondisi fisik dan lokasi yang tidak memungkinkan lagi untuk efektifitas olah raga di kota maka dipindahkan lah base lapangan dan stadion resmi kota Pekanbaru ini ke Stadion Kaharudin Nasution Rumbai.


Adalah sebuah gagasan dari mantan Gubernur Riau H. Saleh Djasit SH. yang menginginkan mendirikan sebuah kompleks pusat olahraga terpadu untuk kota Pekanbaru. Karena pada saat dulu itu (sebelum otda) Pekanbaru belum mempunyai fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang lengkap. Pendirian bertujuan sebagai fasilitas pendukung olahraga dan wahana rekreasi dan olahraga terbuka bagi masyarakat, pelajar dan mahasiswa, serta para atlel di kota Pekanbaru.


Dipilihnya wilayah Rumbai dikarenakan wilayah ini masih mempunyai lahan yang lebih luas, kontur yang padat serta diprediksikan akan mampu menggeser keterpusatan dan pemeratan pembangunan seluruh kota Pekanbaru. Jadi ini sebuah desain dan perencanaan untuk waktu jangka panjang bagi plan kota Pekanbaru kedepan.


Lokasi Sport Center Rumbai sangat strategis, dekat dengan kompleks dan perkantoran PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) , kampus Universitas Lancang Kuning, Kampus Politeknik Caltex Riau dan pemukiman warga Rumbai.


Wujud impian ini bertambah kuat mana kala berhembus kabar menggembirakan ditunjuknya Riau sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Namun terlepas adanya PON ataupun tidak, pendirian sport center ini tetap berlanjut.


Lalu, bagaimana fasilitas di kompleks olah raga Sport Center Rumbai ini??


Di Rumbai Sport Center ada :

1. Stadion Sepak Bola Kaharudin Nasution



Stadion Kaharudin Nasution yang dibangun pada tahun 1960 ini merupakan stadion sepakbola resmi kota Pekanbaru saat ini menyusul renovasi stadion nanti dan siapnya stadion utama PON XVIII 2012.



KLIK DISINI UNTUK MELIHAT DESAIN BARU STADION RUMBAI


2. GOR Hall Basket


GOR megah terbaik di Sumatera ini sebagian venue pertandingan bola basket.

Banyak pertandingan basket yang diselenggarakan di GOR ini, salah satunya yang terkenal itu Honda DBL sampai menyedot lebih dari 8000 seats perkiraan semula.


Selain Honda DBL juga diselenggarakan pertandingan basket antar pelajar, konser, tes CPNS, dan yang paling fenomenal itu ialah dipakai sebagai Musyawarah Guru Nasional dan sebagai tempat kampanye calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2009 lalu!




3. GOR Hall Renang


Gedung Olahraga yang mempunyai kolam renang berstandar olimpiade ini sebagai arena cabang olah raga renang


4. GOR SENAM






4. HALL VOLLY






5. GOR Athletic



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kris Hadiawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger