Pages

Monday, March 15, 2010

Jembatan Dumai - Melaka (Malacca, Malaysia - Dumai, Indonesia Bridge‎)

versi bahasa Indonesia

Salam Ta'zim

Sobat muda-mudi, megaproyek jembatan besar yang berlokasi di tengah-tengah selat Melaka yang menghubungkan antara Dumai, Sumatera dengan Melaka, Malaysia.


Megaproyek yang melibatkan dua negara besar serumpun ini sebenarnya merupakan rencana lama sejak pemerintahan presiden RI Soeharto dulu. Namun kali ini, saya akan kembali membahas dan menampilkan rencana desain awal daripada JEMBATAN DUMAI-MELAKA ini.




Pendahuluan

Sebagai embarks Asia Tenggara pada pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan budaya, proyek-proyek infrastruktur utama akan memainkan peran penting dalam keberhasilan daerah. Dari jalan bebas hambatan (jalan Tol) dan jembatan untuk pembangunan rel link di daerah yang paling dinamis akan menghubungkan antara masyarakat, negara dan wilayah.

Dirancang untuk menjadi terpanjang di dunia AOS link di 127,93 km yang didanai swasta Penyeberangan Selat Malaka (SOMX) akan menghubungkan Semenanjung Malaysia dan pulau Sumatra Indonesia. Sebuah proyek ambisius yang akan mendorong pertumbuhan di Asia Tenggara dan memiliki dampak global yang abadi, persimpangan akan menyediakan peningkatan keamanan politik dan memicu perubahan sosial di seluruh wilayah .


Malaysia









Malaysia terus bergerak menuju tujuannya untuk mencapai status negara maju pada tahun 2020. Capitalising pada harapan dan impian itu, populasi AOS, Malaysia telah mampu mentransformasikan ekonominya dari pertanian dan pertambangan merupakan dasar untuk yang kompetitif ekonomi berteknologi tinggi, di mana sekarang layanan dan manufaktur menyumbang 80% dari PDB. Malaysia, AOS kaya sumber daya alam telah membuat eksportir besar minyak, gas, karet dan kelapa sawit, sementara posisinya sebagai pemimpin dalam perbankan Islam telah memungkinkan untuk menjadi tujuan yang menarik bagi perdagangan dan investasi. Perdamaian dan stabilitas merupakan landasan yang beragam ini bangsa Asia Tenggara yang dengan cepat menjadi pusat kekuatan regional.


Indonesia









Dengan lebih dari 234 juta penduduk, Indonesia mewakili Asia Tenggara, AOS pasar potensial terbesar. Sekarang sepenuhnya pulih dari krisis keuangan Asia tahun 1998, Indonesia, AOS PDB telah melampaui $ 1,1 triliun dolar dengan U.S. PMA meningkat 17% pada awal tahun 2007. Indonesia baru-baru ini memulai suatu program perbaikan infrastruktur utama yang akan mendorong kemajuan sosial dan memungkinkan untuk menangkap dengan sejumlah besar sumber daya alam. Seperti Asia Tenggara, negara terpadat AOS Indonesia adalah raksasa industri meningkat.



Manfaat

POLITIK:

Pembentukan suatu persimpangan antara Semenanjung Malaysia dan kepulauan Indonesia akan secara dramatis mengubah suasana politik antara negara-negara yang berbatasan, dengan Malaysia, Indonesia, Singapura dan Thailand diragukan lagi melihat peningkatan kerjasama dan sivilitas dalam urusan pemerintahan dan keamanan. Biaya memerangi pembajakan dan memelihara keamanan di sepanjang Selat Malaka selalu perpajakan di negara-negara yang berbatasan. Selat Malaka Crossing akan mendorong kerjasama melawan pembajakan dan akan memungkinkan untuk pemantauan yang lebih baik dari lalu lintas melalui selat. Peningkatan investasi pada titik persimpangan dan di sepanjang garis pantai akan mengarah pada stabilitas politik dalam negeri yang lebih besar bagi negara-negara yang berbatasan. Sebagai penghubung antara negara-negara ASEAN, Selat Malaka Crossing akan membantu mengobarkan semangat ASEAN yang akan lebih menyatukan wilayah dan perlengkapan ke arah pembangunan dan kemajuan


SOSIAL:

Di daerah yang diikat bersama-sama dengan ribuan tahun sejarah Selat Malaka Crossing akan menghasilkan perpaduan budaya. Malaysia dan Indonesia akan berkumpul untuk bertukar informasi, teknologi, seni dan budaya, membawa kemajuan sosial bagi kedua negara. Hubungan antara bangsa-bangsa akan menghasilkan industri mekar di selat mana spesialisasi tenaga kerja akan memungkinkan untuk pertumbuhan di kedua sisi, sementara mengurangi galur migrasi. Komunitas baru akan berkembang sebagai pekerja berkembang pesat berduyun-duyun ke kota-kota tetangga yang mengalami peningkatan perdagangan dan industri. Seperti persimpangan selesai dan tanggung jawab yang lebih besar yang diambil oleh negara-negara yang berbatasan, isu-isu lingkungan di sekitar selat akan dibahas. Selat Malaka Crossing akan mewujudkan impian generasi dan menghubungkan dua di Asia Tenggara, AOS negara paling dinamis.



EKONOMI:

Pentingnya ekonomi Selat Malaka sebagai salah satu dunia, jalur perkapalan tersibuk AOS telah lama dikenal. Namun, hubungan antara Malaysia dan Indonesia di selat membuka potensi yang lebih besar. Di pulau Sumatera Indonesia kaya akan sumber daya alam akan terhubung ke benua Asia; membuka pasar baru dan mendapatkan akses langsung ke raksasa ekonomi Cina. Semenanjung Malaysia dengan industri berbasis layanan semakin akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan pariwisata, perdagangan lintas batas, pengembangan transportasi, pendidikan dan investasi. Sementara perkembangan terjadi di kedua sisi persimpangan, berbahaya migrasi melintasi selat akan menghilang dan akan menguntungkan kedua belah pihak. Singapura, Thailand, Cina dan kawasan secara keseluruhan akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan perdagangan dan perdagangan sebagai subur kepulauan Indonesia terhubung ke benua Asia.



MANFAAT TAMBAHAN:

Selat Malaka Crossing adalah sebuah proyek regional dengan dampak global. Sebagai inisiatif yang didanai swasta (PFI) proyek bahan bakar akan pertumbuhan negara-negara berkembang tanpa menempatkan beban yang tidak perlu pemerintah. Persimpangan akan menciptakan hub internasional perdagangan dan perdagangan, yang menghubungkan masyarakat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi sementara di seluruh wilayah. Menjembatani salah satu dunia, AOS selat tersibuk, persimpangan akan menyediakan peningkatan keamanan dan stabilitas di daerah kritis perdagangan global.



Evaluasi Geologi



Persimpangan akan berlokasi di saluran sempit Selat Malaka dari pantai timur laut berbatasan dengan Malaka di Malaysia ke pantai barat daya Pulau Rupat di Sumatera, Indonesia. Dataran dekat pantai Malaka sebagian besar adalah dataran dengan topografi datar, pantai, dan mengembangkan sistem air tanah. Di sisi Indonesia Barisan pegunungan terletak di sebelah barat, sementara medan yang rendah dan lahan basah terletak di sebelah utara dekat Dumai.

Lokasi proyek terletak sepenuhnya pada lempeng Eurasia dan tidak ada kesalahan dikenal di dekatnya. Dasar yang terkubur di bawah batu-batu situs yang diusulkan terletak sangat bawah tanah di Sumatera sisi tetapi memiliki fisik yang baik dan sifat mekanik dan akan memberikan dukungan yang cukup untuk yayasan struktural. Meskipun ada zona seismik yang tidak menguntungkan sekitar 100 km dari lokasi proyek belum ada catatan gempa bumi yang kuat, intens piring gerak, atau patah dalam sepuluh ribu tahun terakhir. Dengan teknologi baru dan cukup perawatan struktur tahan gempa akan berdiri selama beberapa generasi.



Desain


Konsep Jembatan



Tujuan desain termasuk untuk jembatan penyeberangan untuk benar-benar fungsional, ekonomis dalam konstruksi dan anggun dalam penampilan. Karena ini adalah proyek jembatan di atas laut selat, orang akan dapat menikmati jembatan yang luar biasa dari berbagai sudut dan pemandangan yang indah laut, pulau dan pantai. Span the deepwater dilayari dari semua konsep jembatan ini terletak 12 km dari Pulau Rupat di Indonesia di mana kedalaman air 50 ~ 60m, dan kapal tanker minyak raksasa dengan kapasitas lebih dari 300.000 ton dapat transit saluran. Hilir dan hulu sungai adalah daerah navigasi tersibuk di Selat Malaka, dengan lebar 4,3 km dan dengan jarak sekitar 1,6 km. Untuk memenuhi persyaratan untuk navigasi dan lansekap, jembatan gantung dan jembatan kabel tetap adalah kandidat paling tepat untuk navigasi umum dari saluran.




Terowongan Konsep


Jembatan yang menyeberangi sungai hulu dan hilir akan dibangun di lepas pantai Malaysia, dan sebuah pulau buatan akan dibangun antara navigasi deepwater saluran dan jalur pelayaran umum. Dari pulau buatan yang terbenam di bawah tabung akan melewati wilayah Pulau Rupat di Indonesia. Konsep terowongan akan memungkinkan untuk saluran deepwater kedalaman 55m tanpa pembatasan ketinggian kapal yang melewati saluran deepwater.


Meski banyak kontroversi mengenai pembangunan megaproyek jembatan besar ini baik dari pihak Indonesia maupun pihak Malaysia, namun cita-cita untuk menghubungkan antara negara Indonesia dan Malaysia ini sepertinya tetap berjalan terus. Untuk menguatkan kembali saya kutip berita dari Melaka berikut inin,



Dari RIAUPOS
DMDI Ingin Jembatan Melaka-Rupat Dibangun
CEO Riau Pos Group Raih Anugerah DMDMI


MELAKA (RP) - Puncak perhelatan akbar Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) di Melaka Malaysia, yang berlangsung 22-24 Desember 2008, ditandai dengan upacara peresmian oleh Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Utama Mohd Najib Tun Abdul Razak, di Hotel Holiday Inn, Melaka, Selasa (23/12).


Di hadapan para peserta dari negara-negara Melayu serumpun itu Mohd Najib —yang didampingi President DMDI Menteri Besar Melaka Dato Ali Rustam dan Vice President DMDI Gubri HM Rusli Zainal, mengukuhkan berdirinya lembaga keuangan berbasis syariah, DMDI Finance House. Peserta yang hadir antara
DMDI Ingin Jembatan Melaka-Rupat Dibangun lain dari Malaysia, Indonesia (Riau, Kepri, Aceh, Sumut, Sumsel, Jambi, Sumbar dan Jogjakarta), Singapura, Thailand, Filipina, Brunei sampai Sri Langka, Madagaskar, Cina, Australia dan Afrika Selatan. ‘’Lembaga ini diharapkan bisa tumbuh menjadi lembaga permodalan untuk membantu negara-negara serumpun Melayu, terutama negeri-negeri dimana orang Melayu masih tertinggal dari sisi ekonomi dan menjadi minoritas,’’ ujar Mohd Najib.



Pada kesempatan itu, Wakil Perdana Menteri Malaysia yang diproyeksikan akan segera menggantikan posisi Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi pada Maret 2009 itu, juga mengharapkan agar DMDI bisa berperan aktif. Berperan bukan hanya di bidang ekonomi, namun juga dalam menjaga dan menciptakan situasi keamanan yang kondusif, terutama di kawasan serumpun yang kerap terjadi kekerasan seperti di Selatan Thailand dan Filipina Selatan.


Menurutnya, saat ini Malaysia memiliki beberapa keunggulan yang semestinya bisa di-share (dibagi) dengan kawasan serumpun lainnya. Keunggulan teknologi, manajemen dan sumber daya manusia profesional patut dimenej oleh DMDI sehingga bisa bermanfaat bagi perbaikan ekonomi bagi kawasan yang masih tertinggal.



Selain menyokong program DMDI melalui lembaga Finance House itu, Mohd Najib juga mendorong kajian-kajian teknis DMDI untuk merealisasikan pembangunan Jembatan Selat Melaka yang akan menghubungkan Malaysia dengan Pulau Sumatera, Indonesia. Rencana yang sempat mencuat tahun 1997, antara mantan Presiden Soeharto dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Moehammad itu, memang sempat mengalami kevakuman selama sepuluh tahun lebih.


Namun, tahun 2007 lalu, mega ide kemudian diapungkan kembali dalam Konvensi DMDI yang diprakarsai oleh Menteri Besar Melaka Dato Ali Rustam. Sejak itu, kajian-kajian intensif di lingkup DMDI terus dilakukan. Hinggalah tahun 2008 ini, Dato Ali Rustam menegaskan ide itu kembali diapungkan DMDI sehingga tetap akan menjadi cita-cita besar dari para pemimpin di negeri serumpun ini.


Pengerusi Semantan Capital Sdn Bhd, Tan Sri Ibrahim Zain, saat sesi panel menjelaskan bahwa kajian-kajian DMDI terhadap ide pembangunan jembatan yang akan membentang dari Teluk Gong Melaka melintasi Selat Melaka ke Makeruh di Pulau Rupat (dengan terowongan yang melintasi pulau), sampai ke Teluk Gaung Dumai-Riau itu, sudah mencapai titik kulminasi tertinggi. Bahkan, pihaknya sudah melakukan perbincangan-perbincangan dengan pihak penyandang dana. ‘’Tapi, krisis global ini membuat pembicaraan kita terhenti total. Namun begitu, kita masih terus berupaya lagi, supaya jembatan ini bisa segera diwujudkan,’’ ujarnya.


Pada pertemuan itu, dijelaskan bahwa ide itu juga sudah mendapat respon dari Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi dan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudoyono (SBY). Namun, menurut President DMDI, Dato Ali Rustam, meski pun kedua pemimpin negara itu menyatakan setuju, namun masih diperlukan kajian-kajian yang lebih mendalam lagi sebelum mega proyek itu dapat dikonkritkan.


Apalagi, mengingat dana pembangunan jembatan yang diperkirakan akan menelan dana miliaran dolar AS, meski kedua pemimpin negara sudah memberi sinyal positif, namun pemerintah tidak akan mungkin menjadi penyandang dana. Sementara itu, penyandang dana dari pihak ketiga dipastikan akan sulit ditemukan di saat krisis global masih menggerogoti ekonomi dunia.


Upaya-upaya terintegrasi dalam jaringan kerja sama negeri serumpun untuk merealisasikan proyek raksasa itu, juga diungkapkan Kadis Kimpraswil Riau Ahmad Helmi. Mewakili Gubernur Riau menyajikan materi dengan tema Jembatan Dumai-Melaka, merangsang Pembangunan Wilayah Warisan, Ahmad Helmi menjelaskan bahwa di Indonesia, kajian ide itu sudah memasuki level departemen di pemerintah pusat.


Sedangkan di level Riau, pembenahan-pembenahan juga terus dilakukan, sehingga Riau nanti akan berada dalam posisi benar-benar siap, jika jembatan penghubung dua negara itu direalisasikan. ‘’Kita sudah melakukan kajian untuk membangun jaringan kereta api di Riau. Jaringan Riau ini, diproyeksikan untuk menjadi bagian vital bagi terciptanya jaringan kereta api Pulau Sumatera,’’ ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini jaringan kereta api di Pulau Sumatera masih terpisah-pisah antara masing-masing provinsi seperti Sumut, Sumbar dan Sumsel. ‘’Jika jaringan kereta api dibangun di Riau yang berada di posisi tengah, maka jaringan kereta api Pulau Sumatera mungkin bisa terintegrasi untuk menunjang pembangunan jembatan Selat Melaka itu,’’ ujarnya.

Ahmad Helmi juga mengungkapkan bahwa persiapan Riau dan provinsi yang saling berdekatan juga menyangkut infrastruktur jalan dan jembatan. Masing-masing daerah, setiap tahun terus menggesa perbaikan-perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan. Bahkan, kajian akan pentingnya pembangunan jalan tol juga telah dilakukan, bukan saja di level Riau, tapi sudah level Sumatera.

Finance House
Sementara itu, dalam panel sesi siang, yang mendaulat Gubernur Kepri Ismeth Abdullah sebagai pembicara, persoalan DMDI Finance House telah pula mendapat sambutan hangat dari pemimpin negeri serumpun yang tergabung dalam DMDI. Lembaga keuangan yang dibentuk menggantikan Bank DMDI itu —diyakinkan mampu lebih fleksibel dalam membantu meningkatkan ekonomi kawasan serumpun.

Semula, DMDI memang sudah mendirikan sebuah bank untuk menunjang keperluan itu. Namun, setelah dievaluasi, sistem perbankan dinilai terlalu sulit karena terlalu banyak deregulasi yang bisa menghambat kerjasama-kerjasama yang mungkin dilakukan melalui lembaga keuangan non-bank.

Ismeth, dalam paparannya menyebutkan bahwa krisis global memang telah dipicu oleh sistem permodalan kapitalisme yang dikangkangi Amerika Serikat. Sistem perdagangan saham dengan kontrol lemah dan diatur oleh penguasa ekonomi besar itu, membuat kondisi ekonomi keuangan negara-negara lain menjadi sangat lemah.

‘’Akibatnya, ketika mereka mengalami krisis, kitalah yang terpaksa ikut menanggungnya,’’ ujar Ismeth.

Karena itu, Ismeth menilai lembaga keuangan berbasis syariah yang dibangun DMDI ini adalah sangat prospfektif, bukan saja untuk membantu meningkatkan perekonomian, tapi juga diyakini bisa menjadi ‘’penjaga’’ terhadap invasi kekuatan ekonomi global melalui perdagangan saham dan valuta yang tidak terkontrol itu.

President DMDI Dato Ali Rustam, dalam kesempatan itu mengajak kepada pemimpin di negeri-negeri kawasan Melayu serumpun ini, untuk ikut terlibat aktif dalam penyertaan modal bagi merealisasikan keinginan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Melayu —khususnya di Asia. Lelaki enerjik ini, menguatkan lagi pemaparan Direktur Finance House Dato Razali Mahfar dan Dr Roslan Abdul Ghafar tentang kesiapan lembaga keuangan ini yang segera akan berlaku efektif pada Januari 2009 ini.

Dijelaskan, Finance House diproyeksikan memiliki modal 1 miliar Ringgit Malaysia (sekitar Rp3,2 triliun) untuk eksis membangun perekonomian Melayu. Karena itu, meski pun saat ini, Finance House itu baru memiliki modal 10 juta Ringgit Malaysia ditambah kekayaan aset berupa penyertaan modal (dalam bentuk tanah, kebun dan kekayaan alam) senilai 200 juta RM, namun diyakini pada Maret 2009, Finance House DMDI ini akan mampu menghimpun modal operasional tiga tahun sebesar 50 juta Ringgit Malaysia dan modal investasi sebesar 400 juta Ringgit Malaysia.

Prioritaskan Pendidikan
Evaluasi program pembangunan kawasan Melayu serumpun juga terus dilakukan DMDI. Pada sesi pagi, dengan tajuk Mengantisipasi Sumber-sumber Kekayaan DMDI, pemimpin-pemimpin kawasan serumpun —setingkat gubernur dan menteri—, melakukan diskusi panel. Diskusi itu diikuti oleh Gubri HM Rusli Zainal, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Ketua Menteri Sabah Dato Seri Musa Aman, Ketua Menteri Serawak Tan Sri Abdul Thaib Mahmud, Menteri Negara Kanan Singapura Zainul Abidin Rashed, Menteri Latihan Kerja Kamboja HE Ouknha Othsman Hassan, ahli Kongres Quezon City Filipina dan Wakil DMDI Sri Langka Maas Ramli Mohamad serta Bupati Belitung —mewakili Gubernur Bangka-Belitung.

Meski hanya diberi kesempatan menyampaikan permasalahan selama tujuh menit saja, namun secara garis besar evaluasi persoalan dan proyeksi rencana pembangunan yang terintegrasi di masa depan bagi negeri kawasan serumpun, tetap saja masih didominasi permasalahan pembangunan pendidikan. Setiap provinsi maupun negara bagian, memang telah menjadikan pendidikan ini sebagai program prioritas dengan persentase penganggaran yang cukup besar, sekitar 20 persen.

Anugerah DMDI
Dalam pada itu, anugerah tertinggi DMDI diberikan kepada Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Utama Mohd Najib. Selempang kebesaran Mahmud Shah itu, diberikan langsung Presiden DMDI Dato Ali Rustam didampingi Vice President DMDI HM Rusli Zainal.

Sedangkan anugerah DMDI untuk para tokoh dari berbilang negara langsung diserahkan oleh Dato Mohd Najib. Beberapa tokoh yang dianggap berjasa mengangkat harkat martabat rumpun Melayu itu adalah Wakil Gubernur Kepri HM Sani dan CEO Riau Pos Group H Rida K Liamsi. (ria)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.