Tuesday, May 4, 2010

Tips Buat Penyemangat Hidup

Awali Hari Anda Semua Dengan Tips Ini ....

1. Ibadah dan Bertakwa

Manusia diciptakan Allah untuk beribadah, seperti yang telah difirmankanNya dalam surat Adz-zariyat ayat 56.

Dan tidaklah kami ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu. QS. Adz-Zariyat 56

Hakikat ibadah adalah mendekatkan diri kepada Allah. Kita sebagai manusia yang hidup dalam ruang 3 dimensi terkadang tidak bisa menghubungkan ruang hidup kita dengan ruang hidup tuhan kita (Allah SWT). Kita hanya diperintahkan untuk mengimani bahwa dunia itu ada, seperti yang telah difirmankan dalam surat albaqarah ayat 3. Terkadang kita lupa bahwa untuk menghubungkan kehidupan kita dengan dengan Allah adalah dengan hati kita. Allah yang telah menciptakan kehidupan ini dalam dimensi yang berbeda telah memberikan sebuah koneksi antara keduanya. Dengan koneksi ini, kita dapat merasakan, memahami dan mendapatkan energy yang selalu baru untuk meningkatkan ketaqwaan kita untuk hidup yang lebih bermakna dalam menciptakan tatanan masyarakat yang sejahtra. Inilah hakikat penerapan ibadah dalam kehidupan kita disamping untuk bersyukur terhadap apa yang telah diberikan Allah kepada kita.

Jika kita tarik benang merah hubungan antara ibadah dengan tatanan masyarakat sejahtera, maka akan kita dapat sebuah hubungan yang sangat sederhana. Yaitu berupa hubungan antara ibadahàhatiàprilakuàdan tatanan masyarakat madani.

Ketika kita beribadah, akan melahirkan sikap penghambaan dan menyadari bahwa semua ini hanyalah milik Allah dan semuanya akan kembali kepada Allah. Sikap ini akan menimbulkan ketenangan dalam diri yang mendorong ketundukan hati terhadap zat yang telah menciptakannya. Selanjutnya ketika hati ini telah tunduk, maka akan mencerminkan suatu prilaku positif seorang hamba dalam setiap aspek kehidupannya. Kita semua ingat sabda Rasulullah saw yang mengatakan bahwa ” dalam diri seorang ada segumpal daging yang apa bila daging ini baik, maka baiklah orang ini, apabila daging ini buruk maka akan buruk pulalah orang in. daging itu adalah hati” inilah hakikat ibadah, memperbaiki kondisi hati (ruhiyah) setiap orang yang melakukannya sehingga akan mendorong setiap pelakunya untuk selalu berbuat tindakan positif. Tingkatan inilah yang sebenarnya ingin dilahirkan dalam setiap perintah kewajiban beribadah kepada Allah sehingga jika setiap orang berhasil mencapai tingkatan ini dalam beribadah akan sendirinya tercipta suatu tatanan hidup bermasyarakat yang ideal sehingga terciptanya kehidupan yang aman, tentram jauh dari ketidakteraturan.


2. Biasakan membaca banyak buku positif, selama hidup anda.

Saya sangat serius dengan ini, apa yang masuk adalah apa yang keluar. Jika anda tidak pernah, atau jarang membaca buku pengembangan kepribadian, buku motivasi, bagaimana anda bisa membiasakan diri anda untuk selalu bersemangat? jawabannya adalah tidak bisa, karena otak kita harus dilatih. Dan berkumpul dengan orang-orang sukses, dan membaca buku-buku yang menginspirasi akan menjadi pikiran kita terbiasa bersemangat…dan cepat sekali pulih jikapun mengalami hilang sikap.


3. Berolah raga secara teratur.

Olahraga bisa membuat kita senang dan semangat. Heran? tidak bukan? karena pada beberapa saat setelah olahraga, otak kita, atau kelenjar tertentu di otak kita mengeluarkan yang namanya zat endorfin, yang membuat kita senang, optimis, ceria, waspada, lebih muda, dan tentu sangat semangat!

Cobalah, lakukan olahraga ringan kesukaan anda selama minimal 30 menit, dan anda akan merasa jauh lebih baik.

Saya memilih berjalan kaki ke alun-alun renon di kota denpasar. Selain menghirup udara dari banyak pepohonan, alun-alun juga memberikan pandangan yang luas, menyenangkan karena bertemu dengan banyak orang tua muda, tentu saja, banyak gadis manis juga disana, dan banyak hewan peliharaan juga. Melihat banyak orang sedang berolah raga dan senang, membuat saya juga senang


4. Ingat selalu apa IMPIAN anda.

Ketika mata anda sedang tidak tertuju ke impian anda, maka biasanya ia sedang melihat kepada masalah. Melihat kepada keadaan sekarang yang belum sesuai dengan impian.

Diperlukan mata seorang visioner untuk bisa melihat apa yang belum terjadi, dan ini bisa dilatih. Dengan memandang jauh kedepan kepada IMPIAN kita, apa yang akan kita rasakan, nikmati dan lakukan jika impian menjadi kenyataan, maka akan memberikan kekuatan dan semangat disaat sekarang.

Miliki Impian, punya target kapan mau mencapai apa.. dan buat perencanaan setiap hari. Ukur dan perbaiki rencana secara periodik. Ini semua akan menjadikan anda terfokus kepada impian, dan bukan kepada masalah dan keadaan sekarang saja.


5. Carilah teman, tempat, keadaan yang membuat anda feel good.

Jika anda sedang ada di tempat, suasana, dengan orang yang membuat anda merasa feel bad, maka anda juga akan cenderung menjadi tidak bersemangat dan bisa ketularan feel bad juga.

Nah daripada kita merubah mereka, mendingan kita pergi saja, mencari suasana, tempat, lingkungan yang sesuai dengan keperluan kita yang bisa membuat kita merasa nyaman, enak, feel good dan bersemangat kembali. Jika lingkungan anda negatif, maka say good bye saja, dan cari penggantinya yang jauh lebih positif…. it’s about a choice kan, jika tidak anda akan terkungkung dan potensi anda sulit keluar.


6. Cari bidang keunggulan anda dan fokus disana!

Jika anda fokus dengan betapa lemahnya dan kurang bagusnya anda dibidang tertentu… tentu anda akan feel bad. Sebaliknya, jika anda fokus dengan beberapa kelebihan anda yang sudah Tuhan berikan, maka anda akan merasa senang dan feel good.

Nah apa bidang keunggulan anda? dimana anda merasa bangga? bagaimana anda bisa memaksimalkan bidang itu dan melupakan sejenak kekurangan anda?

Semua orang memunyai kelebihan dan kekurangan, PASTI! Tidak ada yang 100% sempurna di dunia ini. Seberapa cantik dan rupawannya dia tampaknya, tetap saja ada kekurangan.

Tugas kita adalah mencari diantara kekurangan-kekurangan itu, mengumpulkan sisanya yang masih bisa diberdayakan dan bangkit serta fokus dengan kelebihan yang tersisa itu, lalu buatlah sebuah karya besar dari sana.

Jadi daripada menangisi kekurangan dan selalu membandingkan kelemahan anda dengan kelebihan orang lain, kenapa tidak melihat betapa cakapnya anda di bidang-bidang tertentu dan mengeluarkan musik dan tarian anda itu.

Masih ingat bukan, bahkan Michael Jackson sendiri awalnya juga merasa minder dan mempunyai kekurangan dalam dirinya yang dia ingin hindari… tetapi dia fokus kepada segudang kelebihannya dan menjadikannya berlian.

Nah apa kelebihan anda, apa passion anda, dimana anda bisa menjadi yang terbaik… jika menemukannya, keluarkan itu, gosok terus sampai menjadi berlian dan perlihatkan kepada dunia… bahwa anda cantik, anda berharga, bahkan anda adalah seorang pemenang dan terbaik di bidang pilihan anda.

Tidak apa menjadi tidak semangat terkadang, hilang sikap, pertanyaannya adalah seberapa lama anda mengalaminya dan seberapa sering? Lakukan langkah-langkah diatas, dan anda tidak akan sering mengalaminya, bahkan untuk jangka waktu yang panjang.

Jikapun anda mengalaminya, anda akan cepat bangkit. Ingatlah, bahwa ada malaikat dalam diri anda sedang menunggu dikeluarkan! Supaya seluruh dunia bisa menikmatinya… ya, seluruh dunia… tidak peduli latar belakang, suku agama mereka. Karena anda dibuat oleh dan untuk kesempurnaan!




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kris Hadiawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger